Wednesday, 28 August 2013

"Wonderful Asia"

Yeayy....memasuki hari ke-3 #10daysforASEAN. Sebuah stimulus yang bagus untuk tetap menulis. Sekalipun tiga hari ini selalu keteteran dan mepet deadline hehe....... :)
Daan, saya sangat suka dengan tema kedua ini yaitu tentang 'branding nation'. Yaitu bagaimana mempromosikan negara ke dunia internasional. Bagaimana menciptakan sebuah tagline khusus untuk memperkenalkan keunikan Indonesia di dunia luar.

Indonesia adalah negara yang besar, kaya dengan berbagai keindahan dan keunikan wisata. Keindahan alam, keunikan objek wisata dan kekayaan budaya Indonesia sebenarnya sudah cukup dikenal di dunia Internasional. Sebut saja keindahan dan popularitas Pulau Bali yang sudah mendunia. Keindahan pantai, alam dan budayanya sudah terkenal ke mancanegara. Danau Toba sebagai salah satu danau terbesar di Asia. Borobudur yang masuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Keindahan terumbu karang, peninggalan sejarah hingga kegagahan gunung semua ada di Indonesia.
Ketika berbicara tentang budaya, Indonesia pun bisa dengan bangga menunjukkan kebesaran budayanya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya. Ada budaya melayu, batak, minang, jawa, bugis, bali, papua, dan lain sebagainya tidak bisa disebutkan satu persatu. Setiap budaya suku tersebut memiliki keunikan ciri khasnya sendiri-sendiri. Semua berkumpun menjadi satu sebagai kekayaan budaya Indonesia.
Berbicara tentang makanan, hmmm..... siapa sih yang berani mengingkari bahwa Indonesia itu gudangnya kuliner. Mulai dari rendang padang yang sudah mendunia hingga nasi kucing yang menjadi sahabat mahasiswa semua hanya ada di Indonesia. Lepat bugis hingga combro hanya bisa ditemukan di Indonesia. Dengan semua ini, masih pantaskah memandang bangsa ini kecil.

Bangsa ini besar sangaaaaat besar. Bangsa ini kaya, sekali lagi saya bilang sangaaaat kaya. Bangsa ini indah, sangaaat indah. Hanya saja, kita kalah dengan Malaysia dalam kegigihan untuk mem-branding diri ke dunia luar.
Okey... kelemahan itu kita akui. Tapi, bukan berarti kita harus berlarut-larut untuk marah, benci dan memaki ke sana-sini. Yang perlu dilakukan adalah segera berbenah diri. Mengakui kelemahan kemudian segera bangkit memperkuat diri. Tunjukkan pada dunia bahwa inilah Indonesia dengan semua keunggulannya. 
Dengan semua kekayaan, keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh bangsa ini, tidak salah kiranya jika kita menggunakan "Wonderful Asia" sebagai tagline untuk mem-branding bangsa ini ke luar. 
Ya, Indonesia adalah wonderful Asia. Harapannya, ketika orang berbicara tentang keindahan Asia mereka langsung merujuk pada keindahan alam Indonesia. Ketika orang berbicara tentang tarian tradisional Asia, mereka langsung merujuk pada tarian tradisional Indonesia. Ketika orang berbicara tentang kemegahan candi Asia maka mereka juga akan merujuk pada Candi Borobudur yang ada di Indonesia. Yes! Indonesia Wonderful Asia!

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Ya!

Merancang Design Pembelajaran

Berhubung Gdrive gagal terus ngunduh data, baik saya posting di sini saja. Belajar bagamana caranya belajar. Demikian materi yang diterim...