Thursday, 21 July 2016

Cara Menyisipkan Halaman Landscape Diantara Halaman Portrait pada Dokumen Word

Coba perhatikan layout halaman pada dokumen word! Pada umumnya layuot halaman word itu seragam dari awal sampai akhir kan? Jika di awal kita setting landscape maka layout halaman sampai akhir akan tetap landscape. Dan sebaliknya, jika kita setting portrait maka sampai akhir halaman word itu akan tetap dalam layout portrait. 
Lalu, bagaimana jika kita ingin membuat dokumen dengan layout yang berbeda dalam satu file word? Misalnya nih, di halaman awal kita menulis dokumen dengan layout portrait. Namun ketika sampai di halaman berikutnya kita harus membuat dokumen dengan layout landscape, karena berisi tabel yang memanjang ke samping misalnya. Apakah bisa disusun dalam satu file yang sama? Ataukah kita harus membuat file khusus untuk halaman yang berlayout lanscape ini?
Tentu saja bisa!
Sahabat pembaca, setting default dokumen word memang seragam dari awal sampai akhir. Namun, jika kita ingin membuat dokumen dengan layout portrait dan landscape secara bergantian juga bisa. Bagaimana caranya? Nah, berikut saya akan berbagi informasi tentang cara menyisipkan halaman landscape diantara halaman portrait pada dokumen word yang saya ketahui:
  • ·         Buka dokumen word yang ingin kita kerjakan sebagaimana biasa,
                Klik Page Layout
Page Layout

  •  ·         Letakkan krusor pada halaman akhir atau halaman sebelum halaman yang akan dibuat dengan layout berbeda. Kemudian pada page layout pilih option Breaks, selanjutnya pada section breaks pilih next page.
Section Breaks
  • ·         Pindahkan krusor pada halaman baru yang muncul. Halaman ini yang akan kita ubah orientasi layoutnya dari portrait menjadi lanscape. Untuk mengubah orientasi layout halaman klik Orientation kemudian pilih Landscape.
Orientation
  • ·         Nah, sekarang coba cek dokumen word yang sahabat kerjakan. Apakah layout halamannya sudah berubah seperti yang diinginkan. Gambar berikut adalah salah satu contoh halaman landscape setelah halaman portrait dalam satu file dokumen word.

Halaman Landscape pada Next Page Sudah Jadi
Jadi, sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin menyusun dokumen dengan halaman yang berbeda-beda layoutnya. Sahabat juga tidak perlu membuat dokumen itu dalam file yang berbeda. Cukup sisipkan saja halaman yang berbeda layoutnya tersebut dalam dokumen word yang sedang dikerjakan dengan cara di atas. Gampang kan? Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komen Ya!

Menjejali Anak SD dengan Les Tambahan?

Tema CollabBlogging pekan ketiga ini bagi saya cukup sulit yakni tentang perlu menjejali anak SD dengan les tambahan? Mengingat saya be...